“Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian, sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus, penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.” (Filipi 1:9-11).

Paulus tidak hanya mendoakan orang-orang dalam hidupnya, dia mendoakan mereka dengan sukacita!

Mungkin ada hal-hal dalam kehidupan orang lain yang ingin kita ubah. Kita tidak ingin mengubah diri kita sendiri, kita ingin mereka yang berubah. Kita selalu ingin mengubah orang lain. Tetapi itu mustahil. Kita tidak bisa! Satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah mendoakan dan membiarkan Tuhan melakukan pekerjaan-Nya atas orang lain. Berdoa positif lebih efektif daripada berpikir positif. Semua pemikiran positif di dunia ini tidak akan mengubah pasangan, anak, teman, atau keadaan kita. Berpikir positif dapat mengubah kita, tetapi itu tidak akan mengubah orang lain. Namun sebaliknya, doa yang positif dapat membuat perbedaan pada orang lain.

Apa cara tercepat untuk mengubah hubungan yang buruk menjadi hubungan yang baik?

Mulailah dengan mendoakan orang lain! Itu akan mengubah kita, dan juga mengubah orang lain. Paulus bahkan mengajarkan kita bagaimana caranya mendoakan orang lain di Filipi 1:9-11. Di ayat-ayat ini, kita bisa belajar mendoakan orang-orang dalam hidup kita untuk empat tujuan:

Berdoa agar mereka bertumbuh di dalam kasih:

Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian,”

Berdoa agar mereka membuat pilihan yang bijak:

Sehingga kamu dapat memilih apa yang baik,

Berdoa agar mereka hidup di dalam kekudusan:

Supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus,

Berdoa agar mereka serupa seperti Yesus:

“Penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.”

Doakan ini untuk diri kita sendiri dan siapa pun dalam hidup kita, dan kemudian perhatikan bagaimana Tuhan memperbaiki hubungan yang tampaknya sudah tak ada harapan menjadi bangkit kembali.

Tuhan Yesus memberkati.

 

Sumber : percayasaja.com | JFS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here