“Yaitu, supaya aku ada di antara kamu dan turut terhibur oleh iman kita bersama, baik oleh imanmu maupun oleh imanku.” (Roma 1:12)

Kita tidak dapat meraih kedewasaan rohani sendiri. Kita bisa mencobanya, tetapi kita akan kesepian, lemah, dan akhirnya berhenti bertumbuh. Tetapi sebaliknya, semakin kita melibatkan orang lain dalam hidup kita yang kuat di dalam Tuhan, semakin kita akan bertumbuh dalam kedewasaan rohani.

Pertumbuhan rohani bersifat relasional. Kita lebih baik jika bersama!

Di dalam Alkitab, ada perintah “sesamamu” yang tidak akan bisa kita taati kecuali kita berada di dalam kelompok kecil. Mengasihi sesama. Peduli terhadap sesama. Membantu sesama. Menguatkan sesama. Mendoakan sesama. Berbagi dengan sesama. Untuk bisa bertumbuh dalam kedewasaan rohani, Tuhan menghubungkan kita dengan anggota keluarga-Nya.

Hal utama yang Tuhan ingin kita pelajari dalam hidup adalah bagaimana mengasihi Dia serta orang lain.

Alasan utama mengapa kita tidak mau bergabung dalam kelompok kecil adalah alasan utama kita mengapa kita harus berada di dalam kelompok kecil. Kita mungkin berpikir, “Tapi, mungkin akan ada orang-orang yang tidak sepemikiran dengan saya atau juga orang-orang yang mudah tersinggung.”

Justru kita membutuhkan orang-orang itu! Kita membutuhkan orang-orang dalam hidup kita yang terkadang punya pemikiran yang berbeda dari kita, yang menantang keegoisan kita, dan membuat kita belajar untuk bermurah hati dan lebih peduli terhadap orang lain.

Beberapa orang tidak akan pernah tumbuh dewasa. Mereka terjebak dalam konsep “saya”, jadwal, kepentingan, masalah, dan prioritas “saya”. Seringkali mereka ini adalah orang-orang yang menolak untuk membuka diri di dalam komunitas. Tetapi jika seluruh inti kehidupan ialah untuk belajar mengasihi, maka kita harus mendorong diri kita keluar dari zona nyaman kita dan bergabung dengan sekelompok orang yang akan mendukung dan mendorong kita dalam mengejar tujuan-tujuan dalam hidup kita.

“Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasehati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat” (Ibrani 10:24-25).

Kita hanya bisa bertumbuh jika berada di dalam komunitas.

Tuhan Yesus memberkati.

 

Sumber : percayasaja.com | JFS

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here