Dolores Hart lahir di Chicago, Illinois dengan nama Dolores Hicks pada 20 Oktober 1938. Sang ayah merupakan seorang aktor. Saat Dolores berumur tiga tahun, orang tuanya bercerai.

“Sebagai seorang anak, saya telah dewasa sebelum waktunya. Orang tua saya menikah ketika mereka berusia 16 dan 17 tahun,” cerita Dolores dalam sebuah wawancara bersama¬†Pittsburgh Post-Gazette.¬†Ia juga bercerita bahwa sang ayah mendapat tawaran film dan berpindah dari Chicago ke Hollywood. “Saya dulu bocah Hollywood. Ayah saya tinggal di Beverly Hills dan saya sering mengunjungi tempat bersamanya. Saya selalu ingin menjadi bagian dari kehidupan itu.”

Pada tahun 1957, ia mendapat kesempatan bermain dalam film Loving You bersama dengan Elvis Presley, sang raja rock and roll.

Meskipun hanya mendapat peran pendukung, ternyata dari film tersebut, Elvis Presley jatuh hati kepada Dolores. Ia kembali mengajak Dolores bermain dalam film King Creole. Elvis juga pernah merayunya agar Dolores bersedia menjadi istrinya, tetapi Dolores menolaknya.

Pada saat pembuatan film Francis of Assisi yang menceritakan Santa Klara pada tahun 1961, Dolores bertemu dengan Paus Yohanes XXII.

“Saya Dolores yang memerankan Klara,” katanya memperkenalkan diri kepada Paus. Tetapi Paus menjawab dengan lembut dalam bahasa Italia, “Tu sei Chiara” yang berarti “Tidak, kamu adalah Klara.

Ucapan Paus tersebut sangat membekas di dirinya, seakan-akan Tuhan memanggilnya untuk mengabdikan dirinya bagi Tuhan.

Dua tahun kemudian, setelah ia merampungkan film terakhirnya Come Fly With Me, ia meninggalkan karirnya sebagai bintang film. Ia memilih untuk menjadi biarawati dan hidup dalam kesedehanaan. Ia menolak tawaran film bersama Marlon Brando. Ia tidak memperpanjang kontrak dengan perusahaan yang menaunginya.

Dolores berperan dalam sepuluh film dalam lima tahun.

Dalam film-film tersebut, ia bermain bersama nama-nama besar seperti Robert Wagner, George Hamilton, Montgomery Clift. Dolores telah memiliki nama besar sebagai pemeran utama, bahkan ia juga merupakan aktris dengan honor tertinggi saat itu. Ia sering disamakan dengan Grace Kelly, seorang aktris yang meninggalkan dunia perfilman untuk menjadi ratu di Monaco.

Saat ditanya mengapa ia memilih Tuhan daripada Elvis, ia menjawab “God is bigger than Elvis” yang berarti Tuhan lebih besar daripada Elvis. Kalimat tersebut menjadi sebuah judul film dokumenter yang menceritakan kisahnya yang meninggalkan dunia Hollywood dan menjadi biarawati.

Ia bercerita bahwa di masa-masa awal ia menjadi biarawati, ia sering menangis di kamarnya. Namun seiring berjalannya waktu, ia dapat beradaptasi dengan keadaan dan statusnya sebagai seorang biarawati.

Meski meninggalkan dunia Hollywood, Dolores merupakan satu-satunya biarawati yang masuk dalam nominasi Oscar. Buku otobiografinya The Ear of the Heart: An Actress’ Journey from Hollywood to Holy Vows yang ditulisnya menginspirasi banyak orang untuk lebih banyak mencari Tuhan.

 

Sumber : berbagai sumber | percayasaja.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here