Sejak pandemi berlangsung dari tahun 2020, akhirnya bioskop sudah mulai dibuka nih. Beberapa film juga sudah mulai diluncurkan. Ada yang sudah ketemu kangen dengan bioskop? Meski sudah lama nggak ke bioskop, tetap jangan lupakan etika menonton di bioskop ya!

Jangan telat

Meski masih tetap boleh masuk meski terlambat, tetapi orang yang terlambat cukup mengganggu lho. Karena ruangan bioskop digelapkan ketika film dimulai, kamu akan kesulitan untuk mencari tempat duduk kamu. Atau bahkan ketika kamu menemukannya, kamu akan mengganggu orang lain saat akan menujuk ke tempat dudukmu. Lagian, terlambat untuk menonton juga merugikan dirimu sendiri, karena nggak mungkin minta filmnya diputar dari awal kan.

Jangan berisik

Mengobrol, meskipun bisik-bisik saat film dimulai itu juga membuat orang lain bisa tidak fokus dengan filmnya. Karena ruangan di dalam bioskop lebih sensitif dengan suara, sehingga lebih baik disimpan dulu kalau ingin mengobrol sampai film selesai agar tidak menganggu orang lain. Jika kamu membawa anak kecil, kamu harus menjaga mereka baik-baik agar tidak mengganggu orang lain.

Jangan Main HP

Saat lampu digelapkan, tiba-tiba ada cahaya lain dari layar HP seseorang, tentu cukup mengalihkan pandangan orang lain, sehingga orang-orang di sekitar tempat dudukmu bisa jadi nggak fokus nonton. Jadi sebaiknya disimpan dulu ya HPnya.

Etika Menempatkan Kaki

Bioskop adalah tempat umum dan bukan di rumah sendiri, jadi tempatkan kakimu di tempat yang benar. Jangan sampai menempatkan kaki hingga ke kursi depan. Bukan hanya mengganggu, tetapi juga bisa membuat marah orang lain karena itu tidak sopan. Menendang-nendang kursi juga perilaku mengganggu kenyamanan orang lain.

Jangan Bolak-balik ke Kamar Mandi

Sebelum masuk ruangan bioskop, biasakan ke toilet lebih dulu. Karena ketika kita berjalan-jalan di ruangan saat film dimulai itu menganggu orang lain. Jika memang kamu orang yang mudah untuk buang air, kamu bisa pesan kursi yang dekat dengan pintu keluar sehingga tidak mengganggu orang lain.

Jangan buang sampah sembarangan

Memang sih ada petugas kebersihan yang akan membersihkan ruangan ketika pengunjung keluar, tetapi para petugas kebersihan di bioskop memiliki waktu yang terbatas untuk membersihkan ruangan, jadi bantulah mereka dengan membuang sampah-sampah pada tempatnya. Petugas kebersihan tentu juga sangat menghargai apa yang kamu lakukan.

Tidak mendokumentasi film yang diputar

Membuat postingan story di media sosial termasuk pembajakan lho. Meski hanya satu menit, apalagi kalau bagian yang terbaik dari film. Kamu juga bisa terkena tindak pidana karenanya. Selain itu, cahaya dari layar handphone itu cukup mengganggu orang lain juga.

Jadi begitulah etika menonton bioskop. Jangan sampai perilaku kita mengganggu orang lain ya! Selain itu, meski bioskop sudah dibuka dan kita sudah divaksin, tetap ikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan ya!

Sumber : percayasaja.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here