Ayub 42:10 “Lalu TUHAN memulihkan keadaan Ayub, setelah ia meminta doa untuk sahabat-sahabatnya, dan TUHAN memberikan kepada Ayub dua kali lipat dari segala kepunyaannya dahulu.”

Salah satu cerita tentang doa dan pemulihan yang paling luar biasa bisa ditemukan dalam kitab Ayub.

Tidak ada seorang pun yang pantas menerima kesembuhan selain Ayub. Dia adalah seorang pria yang begitu mengasihi dan melayani Tuhan, tetapi kehilangan hampir segalanya, kekayaan, kesehatan, serta anak-anaknya, dalam rentang waktu sehari. Segera setelah Ayub kehilangan segalanya, dia mengalami penderitaan yang luar biasa, ia berduka atas kemalangannya dan menderita secara fisik oleh karena penyakitnya. Kemudian tiga teman Ayub muncul. Alkitab berkata, “Lalu mereka duduk bersama-sama dia di tanah selama tujuh hari tujuh malam. Seorangpun tidak mengucapkan sepatah kata kepadanya, karena mereka melihat, bahwa sangat berat penderitaannya” (Ayub 2:13).

Itu satu contoh yang baik untuk diingat. Ketika teman kita tengah menderita, datanglah. Semakin dalam rasa sakit mereka, semakin sedikit kata-kata yang harus kita ucapkan. Ini disebut pelayanan kehadiran. Kita tidak perlu mengatakan apa-apa, kita hanya perlu berada di sana untuk mereka.

Namun, pada akhirnya, teman-teman Ayub melakukan lebih dari sekedar duduk menemani, mereka mulai memberi nasihat.

Sayangnya, sebagian besar nasihat mereka tidak terlalu membantu, dan itu membuat Tuhan marah. Maka, Tuhan menyuruh Elifas, salah satu dari tiga teman Ayub itu, untuk memberikan persembahan korban bakaran. Kemudian Tuhan berfirman, “Dan baiklah hamba-Ku Ayub meminta doa untuk kamu, karena hanya permintaannyalah yang akan Kuterima, supaya Aku tidak melakukan aniaya terhadap kamu, sebab kamu tidak berkata benar tentang Aku seperti hamba-Ku Ayub” (Ayub 42:8).

Perhatikan bagaimana Tuhan berkata, “Hamba-Ku Ayub meminta doa untuk kamu.” Tunggu, sebenarnya siapa yang sedang mengalami krisis di sini? Siapa yang sudah kehilangan segalanya? Bukankah seharusnya Ayub yang dipulihkan?

Tapi sesungguhnya Tuhan tahu bahwa kesembuhan tidak akan datang kepada Ayub sampai ia berdoa untuk ketiga temannya itu. Lalu di Ayub 42:10 kita bisa melihat bahwa pada akhirnya, Tuhan sepenuhnya memulihkan segala yang telah terhilang dari Ayub, bahkan lebih dari itu!

Kita mungkin tengah menderita oleh karena kehilangan besar dalam hidup kita. Mungkin saat ini kita sedang mengalami musim kehilangan. Jangan hanya berdoa untuk diri kita sendiri, berdoalah untuk pemulihan orang-orang yang sedang sakit atau terluka di lingkungan kita, komunitas kita, gereja kita, dan dunia. Kemudian lihatlah bagaimana Tuhan mendatangkan pemulihan ke setiap area kehidupan kita.

Doakanlah orang lain sebagaimana Yesus telah mendoakan kita.

Tuhan Yesus memberkati.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here