Wawancara merupakan salah satu tahap yang harus dilalui oleh seorang yang sedang mencari pekerjaan baru. Terkadang, tahap ini membuat seseorang merasa stres, apalagi bagi orang yang baru pertama kali melamar kerja.

Di masa pandemi yang serba online, wawancara kerja juga ikut beralih menjadi wawancara online dengan berbagai platform yang ada. Bagi orang-orang yang introvert, wawancara online tentu lebih menenangkan dibanding wawancara secara lansung. Tetapi, meski dilakukan secara online, bukan berarti tidak membutuhkan persiapan lho.

Tanyakan platform wawancara yang digunakan

Di era pandemi, banyak platform-platform yang menyediakan conference call, di antaranya ada zoom meeting dan google meet. Sebelum wawancara dilakukan, ada baiknya kita mempersiapkan lebih dulu platform yang digunakan. Tidak hanya itu, kita juga perlu memperlajari fitur-fitur di dalamnya. Jangan sampai saat wawancara, kita kebingungan karena tidak tahu bagaimana mengganti nama, mengganti profile atau parahnya lagi, kita belum membuat akun.

Persiapan Teknis

Persiapan teknis meliputi peralatan yang akan digunakan, seperti:

  • Pastikan internet lancar dan tidak patah-patah. Jika menggunakan paket data, pastikan paket data cukup.
  • Cek kamera yang akan kita gunakan, entah kamera¬†handphone, laptop atau webcam. Cari angle yang tepat. Jangan sampai latar belakang video kita menampilkan hal-hal yang tidak patut, seperti kamar berantakan dan lain sebagainya. Sebaiknya tidak menggunakan latar belakang virtual, kecuali memang diminta.
  • Cek juga microphone kita, apakah suara kita dapat terdengar dengan baik, ataukah ada noise dan lain-lain.
  • Jika menggunakan handphone atau laptop, pastikan baterai telah terisi penuh dan sediakan charger untuk berjaga-jaga. Jika menggunakan PC, pastikan listrik aman agar tidak terjadi yang tidak diinginkan.
  • Jangan lupa juga siapkan catatan dan alat tulis.
  • Pilih tempat yang nyaman dan tidak berisik. Duduklah di depan meja dan tegak agar terkesan profesional. Selain itu tempat harus memiliki pencahayaan yang cukup.

Kenakan pakaian formal

Untuk wawancara online yang mana tidak seluruh outfit kita terlihat, tentu kita perlu memberikan perhatian lebih terhadap pakaian kita. Pakaian outfit kerja yang casual dengan blouse bisa menjadi terlalu casual dalam pertemuan online. Lebih baik kenakan pakaian berkerah atau blazer saat wawancara online.

Persiapan diri

Selain mempersiapkan diri dengan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan diberikan, kita harus menjaga kondisi fisik kita. Jangan makan makanan pedas sebelum wawancara yang bisa membuat perut mulas atau terlalu banyak minum sebelum wawancara yang mengharuskanmu izin ke toilet dan membuat interviewer yang mewawancaraimu menunggu. Jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai wawancara agar wawancara dapat berjalan dengan lancar!

Sekian tips-tips melakukan wawancara online. Semoga lancar ya!

 

Sumber : percayasaja.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here