Kurang dari satu minggu lagi, Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan ke 76.

Sekretariat Negara atau Setneg telah mengeluarkan pengumuman berisi pedoman yang harus diperhatikan seluruh masyarakat, seperti tema, logo hingga acara perayaan.

Tahun ini, Indonesia mengangkat tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” seperti yang disampaikan dalam pedoman logo. Tema yang diusung mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, serta menunjukkan semangat bangsa Indonesia yang pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, apalagi saat ini negara Indonesia tengah menghadapi krisis akibat pandemi COVID-19, ditambah dengan berbagai bencana alam dan persoalan-persoalan lainnya.

Pada logo HUT RI ke-76 memvisualisasikan tema yang diangkat. Angka 76 diletakkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris sederhana, namun kokoh, serta menggambarkan energi yang lincah.

Indonesia bermaksud untuk fokus ke dalam empat hal, yakni:

Stabilitas dan Pembangunan

Indonesia bermaksud terus menguatkan infrastruktur yang ada agar perekonomian negara juga dapat lebih cepat bertumbuh. Bentuk angka 7 dalam logo juga melambangkan kepala Garuda yang menjadi lambang negara sebagai landasan berbangsa dan bernegara.

Gerak dan Pertumbuhan

Bulatan angka 6 merupakan lambang roda, sehingga angka 6 adalah orang dan roda yang sedang bergerak maju, sebagai lambang pertumbuhan dan percepatan ekonomi.

Ruang kebersamaan

Negara terus memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk terus berkontribusi dalam pembangunan negara dari bentuk tegak angka 7 dan 6. Sekaligus juga diasosiasikan sebagai bentuk panah sebagai lambang pertumbuhan yang berkesinambungan.

Persatuan dan Harapan

Bentuk lingkaran sempurna pada angka 6 mencerminkan harapan akan kesempurnaan akan semua hal yang ingin dicapai. Bentuk lingkaran yang tidak terputus juga sebagai lambang akan persatuan.

 

Terlampir juga logo “Bangga Buatan Indoensia” yang khusus dipakai untuk instansi tertentu. Logo ini menggunakan bentuk hati dengan kombinasi warna merah putih dan dua tangan yang mengacungkan jempol, yang menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap produk lokal Indonesia.

Pemerintah mengajak semua warga negara mulai serempak mengibarkan bendera Merah Putih di lingkungan amsing-masing sejak tanggal 1-31 Agustus 2021. Setiap lingkungan juga diharapkan memasang dekorasi, umbul-umbul, spanduk, baliho dan hiasan lainnya untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.

Karena kondisi pandemi COVID-19 yang tengah meningkat, pemerintah mengimbau tidak melakukan kegiatan-kegiatan apapun yang biasa dilakukan, seperti lomba dan lain-lain, kecuali dirayakan secara online atau daring.

Seperti tahun lalu, pemerintah juga membuka pendaftaran untuk mengikuti peringatan HUT RI ke 76 secara online melalui aplikasi Zoom. Tentunya akan disuguhi berbagai hiburan dan perlombaan online berhadiah.

Mari di tengah masa-masa sulit ini, kita tetap memiliki semangat yang sama untuk mengenang kembali perjalanan bangsa Indonesia hingga sampai saat ini. Jangan lupa berdoa bagi Indonesia ya!

 

Sumber : setneg.go.id | percayasaja.com